Gudang Materi

Devicaagesty27@gmail.com

Sabtu, 19 Maret 2016

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

LAN (Local Area Network)Hanya dapat satu atau dua server serta beberapa dien dan lingkungannya hanya dapat dalam satu lokasi. Ruang computer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik  untuk memakai bersama sumber daya (resource ,misalnya printer ) dan saling bertukan informasi.

















MAN (Metropolitan Area Network)
pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran yang lebih besar dari bisanya yang menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, man dapat mencangkup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi ( suasta ) atau umum.  MAN mampu menunjang dat dan suara ,bahkan dapat berhubungan dangan jaringan televise kabel.

WAN (Wide Area Network)

WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa langsung dimasukkan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface. Perangkat perangkat tersebut antara lain: 

Router

LAN mengirimkan data ke Router, kemudian Router akan menganalisa berdasarkan informasi alamat pada layer 3 lebih lengkap sejarah model layer OSI Kemudian Router akan meneruskan data tersebut ke interface WAN yang sesuai berdasarkan routing table yang dimilikinya. Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan dapat berpartisipasi dalam manajemen jaringan. 

Router mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumberdaya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, control manajemen dan fleksibilitas. baca lebih lengkap tentangPengertian Router, Fungsi dan Jenisnya

CSU/DSU

Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Untuk jalur digital, sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU) dibutuhkan. Keduanya sering digabung menjadi sebuah perangkat yang disebut CSU/DSU. 

Modem

Modem adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital. Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal. Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan. Pada sisi penerima sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digitalatau demodulasi. 

Communication Server

Communication Server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke LAN. Communication Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus.

Permasalahan Pada Jaringan WAN

Dibawah ini hanya beberapa permasalahan WAN yang saya tahu, diantaranya:

Tegangan Listrik

Tegangan listrik dapat menyebabkan ganguan apabila tegangan yang dihasilkan tidak stabil, sering terjadi naik dan turun atau mati mendadak dari sumber PLN. Hal tersebut sangat mempengaruhi dikarenakan semua peralatan yang kita gunakan bersumber pada listrik. Sumber listrik yang kita gunakan tidak baik atau tidak stabil, dapat menyebabkan peralatan yang kita gunakan mudah rusak. Perangkat wireless yang kita gunakan sering mati mendadak karena sumber listrik mati dapat menyebabkan perangkat WireLess yang kita gunakan akan cepat rusak. Sehinga akan mempengaruhi jaringan apabila terjadi kerusakan pada Wirelesss/ radio workstation maupun di rooter server. 

Tidak berfungsinya komponen pada perangkat wireless

Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung perangkat WireLess disebabkan oleh ganguan Petir ( gangguan alam), terjadi dikarenakan factor alam dan petir di saat cuaca hujan dan angin kencang yang menyebabkan perangkat akan terbakar juga pemakaian yang terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.

Perangkat Software

Ganguan juga dapat terjadi dari software yang ada di Server atau PC client,ganguan ini bisa disebabkan oleh tidak jalannya aplikasi di wireless, konflik IP ( Internet Protocol ),tidak jalannya proses proxy server pada server, dan masih banyak lagi jenis ganguan software lainnya, solusinya adalah Admin harus menguasai standart server dan client.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Wikipedia

Hasil penelusuran

Total Tayangan Halaman

Blogger templates

Devica Agesty. Diberdayakan oleh Blogger.

Multimedia Updates

Mengenai Saya

Foto saya
Nama saya devica agesty. Panggil saja pika. Mungkin itu saja. Hehehe

Blogger templates

Pages