Gudang Materi

Devicaagesty27@gmail.com

Sabtu, 19 Maret 2016

TIPE JARINGAN

Tipe – Tipe Jaringan

Dalam jaringan terdapat tiga buah peran yang dijalankan, diantaranya:
1.       Client: perannya hanya sebatas pengguna tetapi tidak menyediakan sumber daya (sharing), informasi, dan lain – lain.
2.       Peer: client yang menyediakan sumber daya untuk dibagi kepada client lain sekaligus memakai sumber daya yang tersedia pada client yang lain (peer to peer).
3.       Server: menyediakan sumber daya secara maksimal untuk digunakan oleh client, tetapi tidak memakai sumber daya yang disediakan oleh client.

Adapun tipe – tipe jaringan berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut.
1.       Jaringan Berbasis Server (Client - Server)
Jaringan berbasis server (Client - Server) merupakan server didalam sebuah jaringan yang menyediakan mekanisme pengamanan dan pengelolaan jaringan tersebut. Jaringan ini terdiri atas banyak client dari satu atau lebih server. Client juga biasa disebut front-end meminta layanan seperti penyimpanan dan pencetakan data ke printer jaringan, sedangkan server yang sering disebut back-end menyampaikan permintaan tersebut ketujuan yang tepat.

2.       Jarigan Peer-To-Peer
Setiap komputer di dalam jaringan peer-to-peer mempunyai fungsi yang sama dan dapat berkomunikasi dengan jomputer lain yang telah memberi izin. Jadi, secara sederhana setiap komputer pada jaringan peer berfungsi sebagai client dan server sekaligus. Jaringan peer digunakan di sebuah kantor kecil dengan jumlah komputer sedikit, dibawah sepuluh workstation.


3.       Jaringan Hybrid
Jaringan hybrid memiliki semua yang terdapat pada tiga tipe jaringan di atas. Ini berarti pengguna dalam jaringan dapat mengakses sumber daya yang dishare oleh jaringan peer, sedangkan diwaktu bersamaan juga dapat memanfaatkan sumber daya yang disediakan oleh server. Adapun keuntungan jaringan hybrid adalah sama keuntungan menggunakan jaringan berbasis server dan berbais peer. Jaringan hybrid memiliki kekurangan seperti pada jaringan berbasis server.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Wikipedia

Hasil penelusuran

Total Tayangan Halaman

Blogger templates

Devica Agesty. Diberdayakan oleh Blogger.

Multimedia Updates

Mengenai Saya

Foto saya
Nama saya devica agesty. Panggil saja pika. Mungkin itu saja. Hehehe

Blogger templates

Pages